Ini adalah solusi bagi yang terlambat sholat Jum’at

Bagaimana solusinya jika kita terlambat salat Jumat, misalnya datang ke masjid, tapi imam sudah rakaat kedua, dan seterusnya.

Solusi Telat Sholat Jumat

Adapun berikut adalah beberapa solusi

Sholat jum’at hukumnya wajib bagi laki-laki yang telah menunaikan sholat jum’at wajib.

Sholat Jum’at dilakukan dalam dua rakaat dan didahului dengan khutbah Jum’at. Semakin awal Anda sampai di masjid, semakin besar pahala yang akan Anda dapatkan. Jika datang ke salat Jumat dan tidak mendengarkan khutbah, maka salat Jumat tetap sah. Hanya saja keutamaan shalat Jum’at hilang.

Oleh karena itu, usahakan datang ke masjid lebih awal agar bisa mengikuti antrean shalat Jumat dari awal hingga selesai.

Selain itu, hari Jumat adalah hari yang dimuliakan dalam Islam. Di dalamnya banyak amalan sunnah yang dilakukan termasuk sunnah datang ke masjid lebih awal. Setidaknya kita sampai di masjid sebelum azan dikumandangkan untuk salat Jumat.

Jika sudah dicoba tetapi akhirnya kita terlambat karena satu dan lain hal, apa yang harus dilakukan? Apakah sholat jum’at masih sah? Misalnya, kita datang ketika Imam telah memimpin salat Jumat.

Para ulama telah memberikan jawaban rinci untuk ini. Hal ini dijelaskan dalam kitab Taqrirat al-Sadidah. Ada dua penjelasan dalam buku tersebut.

Pertama, bagi orang yang masih menemukan satu rakaat shalat Jumat, maka shalat Jumatnya tetap sah dan setelah imam memberi salam, dia berdiri dan menambah satu rakaat.

Artinya, shalat Jumat tetap dilakukan dua rakaat. Dalam Taqrirat Al-Shadidah disebutkan:

Makmum yang menemukan rakaat salat Jumat pada Imam, tetap dianggap salat Jumat.

Kedua, bagi jemaah yang tidak menerima rakaat, ia ikut shalat Jumat setelah imam ruku kedua seolah-olah menemukan imam pada sujud kedua, solusi baginya adalah menjaga niat, shalat Jumat setelah itu, shalat empat rakaat seperti shalat dzuhur. Masih dalam Taqrirat al-Sadidah:

“Masbuq tidak menemukan rukuk kedua, solusinya tetap niat shalat Jumat, kemudian shalat Dzuhur empat rakaat.

Oleh karena itu, solusi bagi yang terlambat shalat Jum’at adalah jika mereka menemukan rakaat dari Imam, mereka hanya perlu menambahkan satu rakaat setelah salam.

Namun jika tidak menemukan satu rakaat pun, maka caranya adalah dengan tetap niat shalat Jum’at, kemudian shalat empat rakaat setelah imam memberi salam.

Semoga artikel ini bermanfaat ! Baca juga artikel lainnya : Manfaat Asuransi

Leave a Comment