Menyambut musim haji, atap Ka’bah dibersihkan dengan robot android

Menyambut musim haji, Masjidil Haram membersihkan atap Ka’bah dengan robot android.

Musim haji akan segera tiba. Jamaah haji dari berbagai negara datang ke dua kota, Mekah dan Madinah. Diperkirakan ada sekitar seratus ribu jemaah haji dari Indonesia. Begitu juga dari berbagai negara lain.

Penyelenggara dari Mekkah dan Madinah menyambut datangnya musim haji dan juga mempersiapkannya sebaik mungkin. Salah satunya adalah pemeliharaan Ka’bah.

Penyelenggara melaporkan laporan resmi dari dua masjid suci, Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dan membersihkan dan memelihara Ka’bah untuk pelaksanaan haji yang khusyuk dan memuaskan.

“Pemeliharaan atap Ka’bah sebagai bagian dari persiapan bulan haji,” tulis laporan resmi kedua masjid suci tersebut, @theholymosques.

Bagian yang paling menarik dari pemeliharaan Ka’bah adalah menggunakan robot android untuk membersihkan atap Ka’bah. Ada sekitar delapan robot yang sudah disiapkan agar perawatan atap Ka’bah bisa dilakukan secara maksimal dan efektif.

Robot android tersebut dioperasikan melalui perangkat yang dikendalikan oleh seorang pegawai Masjidil Haram. Setiap robot android saling melengkapi dan mencapai sudut-sudut atap Ka’bah. Atap Ka’bah yang semula berdebu dan kotor akhirnya bersih dan mengkilat kembali.

Pemerintah Arab Saudi sebenarnya sudah mulai mengutak-atik mesin dan android sebagai bagian dari upaya menjaga fasilitas haji. Sebelumnya, pemerintah Saudi menggunakan robot untuk membersihkan Masjidil Haram, dan juga ada mesin pendistribusi air Zamzam yang bisa bekerja secara otomatis.

“Tujuan dari robot ini adalah untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi tanpa kontak manusia. Sekitar 20 robot saat ini tersedia untuk membantu pengunjung dan peziarah. Kami dapat menyediakan lebih banyak jika diperlukan,” kata Bader Al-Loqmani, salah satu pengelola air Zam Zam di Masjidil Haram. (PADA)

Semoga bermanfaat artikel berikut ini ! Baca juga artikel lainnya mengenai : Jerman

Leave a Comment