My Blog

Himbauan kepada jemaah haji: Jangan membawa simbol dan spanduk

Jamaah Haji

Info Jamaah Haji 2022 – Operasional haji memasuki hari ke-13.

Sebanyak 36.797 jemaah haji Indonesia berangkat ke Madinah.

Dari jumlah tersebut, 29 rombongan atau 11.473 jamaah berangkat ke Mekkah.

Terkait kondisi di Arab Saudi, Panitia Penyelenggara Haji (PPIH) mengeluarkan serangkaian himbauan kepada jamaah dan petugas selama berada di Mekkah dan Madinah.

“Baik jemaah maupun petugas di larang membawa benda, bendera, spanduk, simbol dan sejenisnya yang dapat melanggar hukum selama berada di Mekkah, Madinah dan menunaikan ibadah haji,”

Kata Juru Bicara PPIH Akhmad Fauzin dalam siaran persnya, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Jumat (17/6.2022).

“Anggota dan petugas jemaah juga di larang membawa benda tajam dan/atau benda lain yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain selama haji,” lanjutnya.

Larangan lainnya, kata Fauzin, antara lain berbicara, berteriak, mengajak dan/atau mempengaruhi orang lain dengan ungkapan dan/atau ungkapan yang berpotensi melanggar hukum yang berlaku di Arab Saudi selama ibadah haji.

Pengumpul dan petugas di himbau untuk selalu melengkapi diri.

Yaitu dengan maktab gelang identitas, kartu dan/atau gelang serta atribut dan perlengkapan lainnya yang di tetapkan oleh Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi.

Selalu mengikuti Protokol Kesehatan

Namun karena masih dalam kondisi pandemi, umat dan pejabat harus selalu mengikuti protokol kesehatan.

Adapun dengan tetap menggunakan masker saat berkumpul di dalam ruangan dan saat berada di dalam Masjid Nabawi dan Masjidil Haram.

“Selalu bertanya dan berkonsultasi dengan pejabat ketika mereka menghadapi masalah dan kesulitan,” perintahnya.

“Pemerintah berharap masyarakat dan aparat dapat selalu mencerminkan jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang taat dan tertib,” ujarnya.

Hari ini, 4.429 peziarah, anggota dari 11 kelompok, meninggalkan delapan embarkasi ke Tanah Suci.

Kedua rombongan tersebut masing-masing berangkat dari Embarkasi Solo/SOC (720), Jakarta – Pondok Gede/JKG (820) dan Surabaya/SUB (900).

Setiap angkatan berangkat dari Embarkasi Banjarmasin/BDJ (360), Batam/BTH (450), Aceh/BTJ (393), Medan/MES (393) dan Makassar/UPG (393).

“Sampai saat ini sudah ada 77 jemaah haji yang sakit.

Sebanyak 62 pasien rawat jalan dan 14 orang di rawat di Rumah Sakit Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan 1 orang di Rumah Sakit Medina. Komunitas meninggal dengan hingga 5 orang. ” dia menyimpulkan. (SEBUAH)

Semoga bermanfaat artikel berikut ini ! Baca juga artikel lainnya mengenai : REI

Exit mobile version