Menteri Agama Yaqut Pimpin Delegasi Amirul Haji 1443 H

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin delegasi Amirul Haji untuk menunaikan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M.

Anda di jadwalkan untuk memimpin Misi Haji Indonesia di Arab Saudi dari 28 Juni hingga 19 Juli 2022.

“Pak Presiden sudah memberikan instruksi kepada saya untuk menjadi Amirul Haji tahun ini dan memimpin delegasi Misi Haji Indonesia,” kata Menag saat memimpin rapat persiapan keberangkatan Amirul Haji di Kantor Kemenag. Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Sesuai dengan Taklimatul Haji yang di keluarkan oleh Pemerintah Arab Saudi, setiap negara wajib mengangkat seorang Kepala Misi Haji atau Amirul Haji untuk membawahi negara masing-masing.

Sebagai Amirul Haji, Menteri Agama Yaqut di dampingi oleh delegasi yang terdiri dari tiga naib (wakil), seorang sekretaris dan delapan anggota. Kebanyakan dari mereka adalah perwakilan ormas Islam.

“Terima kasih atas kesediaan Anda untuk memenuhi harapan kami dengan bergabung dengan delegasi Amirul Haji tahun ini,” lanjut Gus Men, panggilan akrab Menteri Agama.

Pembentukan dan pemberangkatan Amirul Haji bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mengelola dan menyelenggarakan penyelenggaraan haji khususnya dalam hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi, menurut Menteri Agama.

Amirul Hajj juga merupakan representasi dari keterlibatan masyarakat.

Di harapkan selama berada di Arab Saudi, Amirul Hajj dapat menyapa jamaah, mencari masukan dan berkomunikasi langsung dengan mereka.

Menteri Agama mengatakan pemerintah telah melakukan upaya terbaik untuk mempersiapkan layanan bagi jemaah haji Indonesia.

Namun demikian, pengawasan terhadap pelayanan yang di berikan oleh pejabat tetap harus di lakukan.

“Mungkin ini pengalaman pertama bagi masyarakat untuk menunaikan ibadah haji, atau bahkan mungkin bagi banyak jemaah haji yang baru pertama kali meninggalkan Indonesia. Kami terus menekankan kepada pejabat setempat bahwa mereka menjalankan tugas kehati-hatian dengan serius dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami selalu berpesan kepada pejabat untuk memastikan masyarakat terlayani dengan baik,” kata Menteri Agama Yaqut.

Senada dengan Menag, Sekjen Kemenag Nizar mengingatkan bahwa keterlibatan Amirul Haji yang berasal dari berbagai elemen mulai dari ormas hingga pejabat pemerintah di harapkan dapat memaksimalkan pelayanan dan memberikan rasa amanah, keamanan dan kenyamanan kepada jemaah dalam melakukan ibadah.

“Selain meninjau fasilitas masyarakat, Amirul Haji juga di harapkan dapat memberikan bimbingan spiritual dan pendekatan pelayanan haji dan ibadah kepada masyarakat, khususnya menjelang puncak haji,” kata Nizar.

Tampak dalam rapat persiapan ini dua pembantu khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Hilman Latief, dan pejabat Eselon II Ditjen PHU.

Berikut daftar nama-nama utusan Amirul Haji 1443 H/2022 M:

  1. Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama Indonesia (Amirul Haji)
  2. Zainut Tauhid Sa’adi Wakil Menteri Agama Republik Indonesia (Naib Amirul Hajj)
  3. Muhammad Hilal Al Aidid oleh Nahdlatul Ulama (Naib Amirul Hajj)
  4. Agus Taufiqurrahman dari Muhammadiyah (Naib Amirul Hajj)
  5. Ali Hasan Bahar dari UIN Jakarta (Sekretaris)
  6. Arif Fachruddin dari MUI (Anggota)
  7. Uyun Kamiluddin dari Himpunan Islam (Anggota)
  8. Masyhuri Kamis Ahmad Kasim dari Al Washliyah (Anggota)
  9. Faisol Nasar dari Al Irsyad (Anggota)
  10. Nizar Kementerian Agama (Anggota)
  11. Mohammad Mukri Wiryosumarto dari UIN Raden Inten Lampung (Anggota)
  12. Muhammad Khoirul Muttaqin dari Kemenko PMK (Anggota)
  13. Oscar Primadi dari Kementerian Kesehatan (Anggota)

 

Leave a Comment